Dinkes dan Konsultan Tinjau Gedung Pustu di Talang Berantai, Kades: Tahun Ini Akan Direhab

Senin 30-09-2024,14:52 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Kunjungan kerja dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara bersama Konsultan untuk meninjau gedung puskesmas pembantu (Pustu) di Desa Talang Berantai, Kecamatan Ulok Kupai pada Senin (30/9) hari, ini.

Kunjungan Dinkes Bengkulu Utara dan Konsultan, ini dikatakan Kades Talang Berantai, M Japri, untuk meninjau langsung kondisi gedung Pustu di desanya yang sudah reot dan yang sebelumnya juga sudah sering diusulkan oleh Pemdes ke Pemkab Bengkulu Utara untuk dilakukan perbaikan atau rehab.

"Ini, semua merupakan korelasi dari usulan yang sejak setahun terakhir getol kita sampaikan ke pemerintah daerah. Terakhir di Musrenbangcam Ulok Kupai awal tahun 2023 lalu, kita sempat keras menyampaikan ke pemerintah daerah agar Pustu di desa kami ini segera diperbaiki," ujar Japri.

BACA JUGA:SPPT PBB Banyak Bermasalah dan Jadi Hutang Desa, Dewan: Bapenda Harusnya Turun ke Lapangan

BACA JUGA:Susun RKPDes, Camat Padang Jaya Minta Pemdes Realisasikan Skala Prioritas

Perbaikan kepada gedung Pustu di desanya, itu kata Japri, sudah bersifat urgen. Itu, dikarenakan kondisi gedung Pustu di Desa Talang Berantai yang kondisinya rusak parah dan tidak layak pakai.

"Gedung Pustu di desa kami ini sudah rusak parah dan tidak layak huni lagi. Sehingga kami sangat mendesak adanya perbaikan dari pemerintah daerah," pungkasnya.

"Dan alhamdulillah di TA 2024, ini Pemkab Bengkulu Utara lewat Dinkes Bengkulu Utara telah mengakomodir usulan kita. Insya Allah di bulan Oktober 2024 nanti rehab gedung Pustu tersebut mulai direaliasikan," imbuhnya.

Lebih jauh, Japri mengatakan, keberadaan fasilitas Pustu di desanya ini dangat dibutuhkan. Karena Pustu ini adalah fasilitas layanan kesehatan yang bisa diakses oleh masyarakat dalam mendapatkan pertolongan pertama. Sehingga penting bagi Japri, infrastruktur dan kelengkapan Alkes di tingkat Pustu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

"Setelah diperbaiki maka Bides kita yang lolos PPPK kemarin akan bertugas 24 jam dengan optimal untuk melayani masyarakat di Pustu tersebut. Selebihnya kami ucapkan terimakasih kepada bapak Bupati Bengkulu Utara dan jajaran Dinkes Bengkulu Utara yang sudah menjadikan skala prioritas pembangunan Pustu di desa kami ini," tandas Kades.

BACA JUGA:Evaluasi Kinerja, 19 Poin Ini Jadi Atensi Kapolsek Ketahun, Salah Satunya Berikan Pelayanan Terbaik ke Warga

BACA JUGA:Kasus Simran Manalu Menimbulkan Trauma dan Kekecewaan Bagi Masyarakat dan Pertanyakan Fungsi Kepolisian

Terpisah Kepala UPTD Puskesmas (Kapus) Tanjung Harapan, Harmen, S.KM, membenarkan. Bahwa Pemkab Bengkulu Utara melalui Dinkes Bengkulu Utara akan melakukan rehab kepada gedung Pustu di Desa Talang Berantai pada TA 2024 ini.

"Dibiayai lewat APBD Perubahan 2024 dan akan dieksekusi pembangunannya pada bulan Oktober hingga November 2024 ini," kata Kapus.

Diakui Harmen, rehab Pustu di Talang Berantai ini tidak terlepas dari kondisinya yang memang sudah tidak layak. Ditambah upaya Pemdes Talang Berantai yang selama ini tak hentinya terus menyampaikan usulan tersebut kepada Pemkab Bengkulu Utara.

Kategori :