Melalui Dana Desa Tahun 2024, Pemdes Sido Mukti Bagikan Alsintan

Rabu 11-09-2024,11:47 WIB
Reporter : Abdul Gafur
Editor : Septi Maimuna

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani, Pemdes Sido Mukti Kacamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar acara penyuluhan bagi kelompok tani dan kelompok wanita tani (KWT), Rabu (24/9/2014).

Bertempat di gedung Pancasila Desa Sido Mukti, pemerintah desa sekaligus menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Padang Jaya, Soini, SE, Kepala Desa Sido Mukti, Suyanto, S.IP, sekdes dan perangkat, Ketua BPD Sido Mukti, Suratno dan para petani penerima bantuan.

Agar kegiatan tersebut tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Fauzi, SP, untuk memberikan materi penyuluhan kepada para kelompok tani. 

"Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan teknologi pertanian sehingga nantinya hasil pertanian meningkat,"ungkap Kades Sido Mukti, Suyanto.

Melalui dana desa, pihaknya berharap apa yang diharapkan masyarakat selama ini dalam hal peningkatan ketahanan pangan bisa terwujud khususnya meningkatkan hasil pertanian.

"Tujuannya agar bantuan ini dapat mendukung produktivitas pertanian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa,"imbuhnya.

Terpisah Camat Padang Jaya, Soini dalam sambutannya menyampaikan, bantuan alsintan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kelompok tani. 

Bantuan ini, dijelaskan camat bukan hanya untuk mendukung produktivitas pertanian saja, tetapi juga sebagai langkah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan para petani di Desa Sido Mukti.

"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa dicontoh oleh desa-desa lainnya. Sehingga para petani dapat lebih berdaya dan mampu mengembangkan usaha taninya secara berkelanjutan," tandasnya.

Berikut daftar penerima alsintan berupa Cultivator dari Pemdes Sido Mukti, Kelompok Tani Maju Bersama, Kelompok Tani Suka Karya, Kelompok Tani Sumber Rejeki, Kelompok Tani Utama Satu, Kelompok Wanita Tani Melati dan Kelompok Wanita Tani Mekar Sari. (Adv)


Penerima bantuan Alsintan di Desa Sido Mukti--

Kategori :