Belum Banyak Dikunjungi, Ini Pesona Danau Kuranding di Bengkulu Selatan

Jumat 20-09-2024,09:24 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

BENGKULU, RADARUTARA.ID - Danau Kuranding adalah sebuah danau yang berlokasi di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mempunyai daya tarik wisata yang luar biasa. 

Tetapi sayangnya, danau ini masih belum terlalu populer di kalangan wisatawan maupun pecinta alam.

Bukan cuma wisatawan dari luar daerah saja, namun juga masyarakat Bengkulu Selatan sendiri banyak yang belum mengetahui pesona Danau Kuranding. Padahal, danau ini mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Danau ini memiliki luas sekitar 10,8 hektar yang menyimpan cerita legenda unik dan menarik. 

BACA JUGA:Masalah Kulit dan Mood Tidak Stabil Bisa Jadi Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Probiotik Loh!

BACA JUGA:Ternyata Penggunaan Maskara Bisa Sebabkan Mata Bintitan, Begini Penjelasannya!

Diperkirakan memerlukan waktu sekitar 45 menit jka dari pusat Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan untuk bisa sampai ke Danau Kuranding dengan kendaraan roda dua, dengan jarak tempuh sepanjang 24 kilometer.

Rute perjalanan dari Kota Manna sampai ke simpang tiga Kayu Kunyit Kecamatan Manna, lalu melewati jalur Kecamatan Seginim hingga Kecamatan Air Nipis.

Sesampai di Desa Tanjung Beringin, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki, motor, maupun mobil dengan akses jalan rabat beton sekitar 1 kilometer.

Selama ini, masyarakat cuma memanfaatkan danau sebagai sumber resapan air dan tempat mencari ikan saja.

BACA JUGA:Tips Memilih Kandungan Hair Tonic untuk Menebalkan Rambut

BACA JUGA:Ini Tips Memilih Kandungan Eye Cream yang Tepat untuk Atasi Masalah di Area Mata

Walaupun ada sebagian kecil masyarakat yang membudidayakan ikan nila dan ikan mas dengan sistem keramba jaring apung, tetapi anjungan yang berada di tengah danau masih berdiri kokoh, sehingga menambah keindahan tersendiri.

Kalau anjungan di tengah danau diperbanyak, dipasangkan lampu hias, dan ditambah dengan fasilitas wahana bermain air, tentu saja akan menciptakan keindahan yang luar biasa di Kecamatan Air Nipis. 

Tak hanya itu, cerita-cerita legenda yang dimiliki Danau Kuranding juga bisa menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Kategori :