Lengkap! Ini Niat, Tata Cara, Doa, dan Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah

Kamis 15-08-2024,19:41 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

18. Sujud kedua dengan tumakninah

19. Tahiyat akhir

20. Salam.

Doa setelah sholat istikharah:

Allahumma inni astakhii-ruka bi 'ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub.

Allahumma in kunta ta'lamu anna hadzal amra** khairan lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Wa in kunta ta'lamu anna hadzal amra** syarrun lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii, fash-rifhu 'annii was-rifnii 'anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu."

"Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini ** baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini."

"Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini ** buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada, dan ridailah aku dengan kebaikan."

** Di bagian ini, sebutkan masalah yang sedang dihadapi untuk memohon petunjuk.

Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah:

Waktu pelaksanaan sholat istikharah dapat dikerjakan kapan saja. 

Asalkan tidak pada tiga waktu terlarang ini: Ketika matahari terbit, matahari berada di tengah, serta matahari terbenam.

Adapun waktu terbaik untuk menunaikan sholat istikharah yaitu di sepertiga malam terakhir atau sekurang-kurangnya seusai menunaikan salat Isya hingga sebelum masuk waktu sholat Subuh.

Kategori :