Bacakan Doa Ini Saat Tersesat di Jalan, Agar Terhindar dari Marabahaya

Selasa 09-07-2024,04:39 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Terkadang, saat di jalan mungkin kita pernah tersesat atau kebingungan untuk menentukan arah.

Selain berikhtiar, saat dalam posisi bingung seperti itu, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa.

Adapun tunuan dari doa ini untuk mempermudah kita menemukan jalan agar kembali pulang. Selain itu sebuah doa akan  membuat pikiran kita menjadi lebih jernih.

Sehingga nantinya diharapkan kita bisa berpikir dan mengingat lebih baik lagi saat dalam perjalanan. 

Berikut ini bacaan doanya yang diambil dari salah satu ayat Al-Qur'an :

Innalladzi faradla 'alaikal-qur'ana laradduka ila ma‘ad, qul rabbi a'lamu man ja'a bil-huda wa man huwa fi' dlalalim mubin.

Artinya: “Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan engkau (Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wauntuk menyampaikan dan berpegang teguh pada) Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikanmu ke tempat kembali. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Tuhanku paling mengetahui siapa yang membawa petunjuk dan siapa yang berada dalam kesesatan yang nyata.” 

BACA JUGA:Kumpulan Doa Masuk Surga tanpa Hisab, Bisa Diamalkan Tiap Selesai Sholat

Ayat di atas dapat dibaca ketika kita sedang dalam kondisi yang tidak tenang dan kurang nyaman seperti saat menghadapi dinamika perjalanan hidup. Dengan Mengamalkan bacaan ayat ini, diharapkan kondisi ketidaknyamanan tersebut akan dikembalikan kepada kondisi yang tenang dan memperoleh naungan ridha dari Allah SWT.

Doa lainnya yang juga dari hadis riwayat Tirmidzi yang menjelaskan doa saat kita dalam posisi tersesat di jalan:

ALLAHUMMA INNI A’UDZUBIKA AN ADHILLA, AU ADHALLA, AU ADZILLA, AU UDZOLLA, AU ADZLIMA, AU UDZLAMA, AU AJHALA, AU YUZHALA ALAYYA

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau yang berwatak setan) berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), berbuat bodoh atau dibodohi.” (HR Tirmidzi).

Kategori :