Ini 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Berwisata ke Pusat Latihan Gajah Seblat, Bengkulu

Kamis 20-06-2024,16:07 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Pusat Latihan Gajah Seblat (PLG Seblat) terletak di Desa Marga Sakti Seblat, Kecamatan Putri Hijau Bengkulu Utara. Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan darat jika dari pusat Kota Bengkulu. Akses menuju kawasan konservasi seluas 6800 hektar ini bisa dikatakan cukup bagus. Jalannya beraspal dan beberapa ratus meter jalan koral bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat. 

Namun pusat konservasi terletak di seberang sungai dan tidak ada jembatan yang disediakan sehingga jika ingin menyeberang pengurus Pusat Latihan Gajah Seblat menyediakan fasilitas perahu dan perahu motor.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dan terkelola dengan baik. Mulai dari camp untuk menginap, menara pandang, tempat salat, dapur, serta toilet. Untuk gajah wisata, jam berkunjung atau bermain yaitu di atas jam dua siang lantaran gajah tidak disarankan untuk bermain ketika tengah hari. 

Di Pusat Latihan Gajah ini ada 12 gajah binaan, empat gajah jantan untuk wisata dan delapan gajah betina yang dipelihara di dalam hutan. Di sini gajah-gajah itu dibina, dipelihara, dan dibantu agar berkembang biak.

BACA JUGA:Dampak El Nino Tahun Ini Diprediksi Semakin Ekstrem, Poktan di MSS Usulkan Fasilitas Pertanian Tambahan

Berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin berkunjung ke Pusat Latihan Gajah Seblat:

1. Kondisi cuaca.

Karena Taman Wisata ini adalah alam terbuka, sangat disarankan untuk berkunjung ketika musim panas. Sebab berada di seberang sungai, kondisi sungai ketika menyeberang juga wajib diperhatikan. Umumnya ketika musim hujan arus sungai bisa menjadi sangat deras dan tidak memungkinkan untuk disebrangi. 

2. Kondisi kendaraan.

Agar mencapai tepian sungai, kamu wajib melewati jalan tanah berkoral sepanjang beberapa ratus meter. Pastikan kendaraan yang digunakan sudah sesuai dengan medan serta dalam kondisi yang baik.

BACA JUGA:Bolehkah Daun Kelor Dikonsumsi Setiap Hari? Berikut Penjelasannya

3. Koordinasi dengan pengurus PLG.

Sebelum memutuskan pergi, alangkah baiknya komunikasikan dulu dengan pengurus Pusat Latihan Gajah Seblat untuk waktu wisata dan keadaan gajahnya. Sebab ada fase yang namanya musim kawin sehingga gajah menjadi sangat agresif. 

4. Siapkan fisik.

Untuk kamu yang ingin mengambil paket wisata raftingdan trekking dengan gajah pastikan kondisi fisik dalam keadaan fit. Jangan lupa memakai outfit yang nyaman dan membawa peralatan yang sesuai dengan jenis kegiatan yang hendak diikuti.*

Kategori :