Berhasil Kuasai Pasar, Ini 5 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia

Selasa 28-05-2024,16:34 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam (SDA) yang paling penting. Salah satu manfaat minyak bumi, yaitu sebagai bahan bakar kendaraan.

Berdasarkan data dari Badan Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat (EIA), lima negara penghasil minyak terbesar di dunia di tahun 2022 dipegang oleh Amerika Serikat, Arab Saudi, Rusia, Kanada, dan China.

Berikut ini penjelasannya dari lima negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat sudah berkembang menjadi produsen minyak bumi terbesar di dunia dengan rata-rata 18,9 juta barel per hari untuk menyumbang 20% dari hasil produksi minyak bumi dunia di tahun 2022.

AS sudab menjadi produsen minyak bumi terbesar di dunia sejak tahun 2013 karena melonjaknya produksi cairan gas alam dari deposit serpih.

BACA JUGA:Raflesia Beach Club, Destinasi Terbaru untuk Pecinta Kuliner dan Hiburan Malam

2. Arab Saudi

Arab Saudi menyumbangkan 10,8 juta barel per hari dan berhasil menjadi produsen terbesar kedua dari total produksi minyak bumi dunia di tahun 2022. Arab Saudi memiliki 17% dari cadangan minyak.

3. Rusia

Rusia menduduki posisi ketiga walaupun ada sanksi ekonomi dan pembatasan perdagangan sesudah invasi ke Ukraina di tahun 2022.

Wilayah produksi minyak bumi yang utama di Rusia yaitu Siberia Barat, Ural-Volga, Siberia Timur, dan Timur Jauh. Sebagian besar produksi berasal dari wilayah Siberia Barat dan Volga-Ural, khususnya ladang Priobskoye dan Samotlorskoye di Siberia Barat.

BACA JUGA:Selain Cukup Umur, Hewan Kurban Juga Harus Penuhi Kriteria Kesehatan Ini

4. Kanada

Kanada menduduki posisi keempat di antara produsen cairan minyak bumi dunia. EIA memperkirakan produksi minyak mentah dan kondensat senilai 4,2 juta barel per hari di tahun 2020.

Kategori :