Sering Terlupakan, Ini 5 Adab yang Harus Diperhatikan Saat Mendengar Adzan

Rabu 29-05-2024,03:47 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Adzan merupakan panggilan untuk sholat di dalam agama Islam. Ini merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan umat Muslim, sebab melalui adzan akan mengumumkan waktu-waktu shalat yang sudah ditentukan di dalam agama Islam. Adzan umumnya dikumandangkan oleh seorang muadzin dari sebuah masjid ataupun musholla.

Saat mendengarkan adzan, umat Islam juga dianjurkan untuk menjawabnya, baik saat mendengarkan langsung di masjid ataupun melalui televisi. 

Selain harus menjawab adzan, banyak adab lain yang harus diperhatikan oleh umat muslim. Adab atau tata krama yang baik krtika mendengarkan adzan merupakan aspek penting dalam Islam lantaran adzan adalah panggilan untuk menunaikan shalat.

BACA JUGA:Selain Cukup Umur, Hewan Kurban Juga Harus Penuhi Kriteria Kesehatan Ini

Berikut ini ada beberapa adab yang harus diperhatikan ketika mendengarkan adzan:

1. Berhenti Aktivitas             

Ketika kamu mendengar adzan, alangkah baiknya untuk berhenti dari semua aktivitas yang sedang kamu lakukan, khususnya kalau kamu sedang bekerja atau berbicara dengan orang lain.

2. Mendengarkan dengan Khusyuk

Mencoba untuk mendengarkan adzan dengan khusyuk serta penuh perhatian. Ini mrutpakan panggilan untuk shalat yang sangat penting, dan kamu harus merasa bersyukur atas kesempatan untuk menunaikan ibadah tersebut.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Harga Komoditi Pangan Mulai Beranjak Naik, Masyarakat Gigit Jari

3. Mengulangi Setelah Muadzin

Sesudab muadzin mengucapkan setiap kalimat adzan, dianjurkan untuk mengikuti ucapannya dengan penuh penghormatan.

Kamu bisa mengulangi setiap kalimat adzan sesudah muadzin, kecuali ketika dia mengucapkan "Hayya Alassholah" (marilah kita shalat) dan "Hayya alal Falah" (marilah ke kebahagiaan), yang mana kamu menjawab dengan "La hawla wa la quwwata illa billahil Aliyyil Adzim" (Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung).

4. Doa Setelah Adzan

Sesudah adzan selesai, disunahkan pula untuk mengucapkan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Barang siapa yang membaca doa ini akan mendapat syafaat di hari kiamat. Berikut ini doanya:

Kategori :