Waw, Segini Biaya untuk Rubah Motor Bebek Standar, Jadi Trail

Jumat 03-05-2024,09:41 WIB
Reporter : Rendi Bintara Yudha
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Memodifikasi Motor Bebek menjadi Motor Trail tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Hal ini lantaran banyak sekali ubahan yang harus dilakukan.

Saat ini harga dari motor trail memang terbilang masih sangat tinggi. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang harus memutar otak untuk bisa memilikinya.

Jika kamu ingin memiliki motor trail namun tidak mempunyai uang untuk membelinya, bisa mengakalinya dengan melakukan modifikasi motor. 

Salah satu yang bisa dilakukan modifikasi adalah dengan modifikasi motor bebek dari adventure ke Motor bebek Gestrek.

BACA JUGA:UU Desa Resmi Diteken Jokowi, Kades Bakal Dapat Uang Pensiun

Lantas Berapakah biaya yang diperlukan untuk proses modifikasi tersebut?

Joni selaku perakit motor trail yang ada di Bengkulu menjelaskan proses dan biaya yang diperlukan untuk menyulap motor biasa ke motor trail. Menurutnya salah satu motor bebek yang cocok untuk diubah menjadi motor trail adalah Jupiter Z.

"Memang banyak harus dimodifikasi dan merubah beberapa komponen motor, salah satunya adalah  motor Jupiter Z diubah ke motor trail seluruh komponen diganti hanya disisakan mesinnya saja," kata Joni.

Dijelaskannya pula beberapa komponen yang bakal dilakukan perubahan mulai dari rangka motor stag, velg dan melakukan bor up pada CC motor.

"Komponen yang dirubah mulai dari rangka motor, stang, sok, velg, ban serta penaikan cc pada motor contoh dari 115cc ke 130cc pada mesin," tambahnya.

BACA JUGA: Jembatan Tanggulangin, Mitosnya Pejabat Pantang Melewati Jembatan Ini

Ia menjelaskan bahan yang digunakan untuk modifikasi, dikatakannya bahan yang paling bagus untuk melakukan modifikasi adalaj bahan dari Kawasaki KLX mulai dari bagian sok Cakram dan beberapa komponen lainnya.

"Bahan modifikasi sendiri banyak menggunakan bahan motor kawasaki KLX, seperti pada bagian sok, cakram rem, stang dan komponen-komponen lain, namun pad bagian knalpot kita mengunakan knalpot buatan Lampung, di Armony Racing," ujar joni

Joni juga mengungkapkan bahwa kisaran dana yang diperlukan dalam proses modifikasi motor Jupiter Z ke Trail. 

"Biaya modifikasi sebenarnya relatif tergantung keinginan konsumen, namun untuk motor ini mengahabiskan biaya Rp 25 - 30 juta". tutupnya.*

Kategori :