Jaga Kesehatan Usai Mudik, Dokter Sarankan Hal Ini

Selasa 16-04-2024,11:15 WIB
Reporter : Suhendra FA
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID -  Masa mudik dan arus balik mudik pada lebaran 2024 ini, relatif ramai di bandingkan pada tahun 2023 lalu.

Dengan begitu, tidak bisa di pungkiri akan ada banyak para pemudik yang pulang dengan kondisi kesehatan yang menurun, akibat kecapean selama melakukan perjalanan mudik.

dr. Jiwa Zhaqi Adiguna menyarankan para pemudik langsung beristirahat setelah sampai di rumah masing-masing agar tetap sehat saat akan kembali beraktivitas seperti hari biasanya.

"Yang terpenting jangan telat makan. Kemudian, saat sampai di rumah, utamakan beristirahat dulu untuk persiapan besok, saat akan kembali beraktivitas," kata dr. Zhaqi pemilik Klinik Pratama Yurdiman Medika.

BACA JUGA:Tips Agar Getah Karet di Beli dengan Harga Tinggi Oleh Pengepul

Menurutnya, akan ada dua keluhan yang bisa dirasakan oleh para pemudik setelah menempuh perjalanan yang relatif jauh. Keluhan tersebut antara lain tubuh pegal dan sakit kepala.

"Rata-rata badannya pegal-pegal dan sakit kepala. Ini lah yang banyak dirasakan usai melakukan perjalan jauh atau mudik," terangnya.

Zhaqi pun menjelaskan, bahwa dengan melakukan istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi keluhan pegal-pegal pada tubuh. Adapun cara untuk meredakan pegal tersebut diantaranya, bisa dengan melakukan kompres dingin atau kompres menggunakan suhu rendah dari es pada persendian atau bagian tubuh yang terasa pegal.

Sementara itu, adapun cara untuk mengatasi keluhan sakit kepala yaitu bisa dengan meminum obat pereda nyeri yang dibeli di apotek tanpa resep dokter.

"Untuk cara lain, bisa juga dengan beristirahat di ruang yang gelap. Itu bisa meredakan sakit kepala juga," tutupnya.*

Kategori :