Penggunaan WhatsApp di HP Jenis Ini Akan Diblokir Permanen, Cek Daftarnya

Kamis 07-03-2024,11:16 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- WhatsApp akan kembali menerapkan kebijakannya. Sejumlah ponsel lawas tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp pada bulan Maret 2024.

Dan salah satu Handphone (HP) yang akan terkena dampak kebijakan dari penghapusan aplikasi WhatsApp ini diantaranya adalah HP yang menggunakan Android 5 atau versi yang lebih lama. 

Gizchina mengungkapkan, tidak ada solusi lain bagi pengguna na ponsel Android 5 atau lebih lama. Opsi yang tersedia hanya ada dua, yakni meningkatkan ke model ponsel terbaru dengan sistem persyaratan WhatsApp atau beralih ke aplikasi pesan lain. 

Sedangkan dalam laman Pusat Bantuan, WhatsApp menegaskan, sistem operasi yang didukung untuk saat ini. Selain Android 5 atau lebih Baru, ada juga iOS 13 dan lebih Baru serta KaiOS 2.5.0 dan lebih baru. 

BACA JUGA:Action 'View' WhatsApp Disebut Bukan Modus Penipuan

Dukungan, itu akan terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Pihak WhatsApp pun, mengatakan bahwa perangkat ponsel dan software apa saja yang paling lama dan paling sedikit penggunaannya. 

Pasang Email Verifikasi Agar WhatsApp Tidak Dibajak, Berikut Caranya

"Setiap tahun kami mengamati perangkat telepon dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki pengguna paling sedikit. Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," tulis WhatsApp dikutip Kamis 29 Februari 2024

Perusahaan memastikan, pihaknya akan terus memperbarui daftar OS yang tidak lagi didukung platformnya. Pemberitahuan terbaru, itu akan disampaikan secara berkala dalam bentuk laman Pusat Bantuan. 

BACA JUGA:Jangan Beli Baru! Ini Cara Mudah Perbaiki Panci Bocor dengan Minyak Kayu Putih Agar Tahan Selamanya

Di sisi lain, WhatsApp juga akan memberi tahu kepada pengguna yang tidak terdampak pemblokiran. Tidak dijelaskan jumlah pemberitahuannya, tapi hanya dikatakan beberapa kali sebelum dukungan pada sistem operasi yang digunakan dihentikan. 

"Sebelum kami menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang Anda gunakan, Anda akan diberitahu di WhatsApp dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan sistem operasi," demikian penyampaian WhatsApp.*

Kategori :