4 Cara Mengatasi Gondongan Secara Alami Pada Anak

Jumat 02-02-2024,20:28 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Penyakit gondongan adalab penyakit yang berbahaya dan busa meningkatkan risiko komplikasi pada anak kalau tidak segera diatasi. Gondongan pada anak bisa mengakibatkan penyakit meningitis kalau virus Paramyxovirus menyerang bagian otak.

Virus Paramyxovirus tidak langsung tampak saat terpapar pada tubuh anak. Biasanya, gejala gondongan baru akan terlihat sesudah dua minggu anak terkena virus penyebab gondongan. Anak-anak yang terseramg virus gondongan mempunyai gejala yang cukup khas, yakni pembengkakan pada kelenjar air liur di salah satu sisi wajah atau kedua sisi wajah.

Pembengkakan yang terjadi di kelenjar air liur akan menyebabkan nyeri hingga kesulitan untuk menelan. Kondisi seperti ini juga menyebabkan anak pengidap gondongan mengalami penurunan nafsu makan. Bahkan, pengidap gondongan juga akan mengalami demam, sakit kepala, mulut yang menjadi kering, hingga kelelahan.

Tak ada salahnya untuk cepat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat saat anak mengalami beberapa gejala tersebut. Penanganan yang tepat bisa mengatasi gondongan anak hingga mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

BACA JUGA:Meski Baunya Tak Sedap, Jengkol Punya Manfaat Baik untuk Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala gondongan yang terjadi pada anak, di antaranya:

1. Air Putih

Ibus sebaiknya memberikan banyak air putih kepada anak untuk menghindari dehidrasi. Tidak ada pantangan apapun untuk pengidap gondongan, air putih difungsikan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. 

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat alami yang bisa ibu berikan kepada anak saat mengalami gondongan. Bawang putih mempunyai kandungan allicin untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Caranya cukup Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan pada makanan anak, seperti sup.

BACA JUGA:Perjalanan Setelah Meninggal, Ternyata Ruh Orang yang Sudah Meninggal Berada di Sini

3. Lidah Buaya

Selain itu, ibu juga bisa mengatasi gondongan pada anak dengan cara mengompreskan kelenjar air liur yang mengalami pembengkakan. Ibu bisa mengompres bagian yang bengkak menggunakan air hangat atau lidah buaya. Gunakan bagian daging lidah buaya untuk membuat rasa nyeri yang dialami anak jadi menurun.

4. Es Batu

Ibu juga bisa mengompres bagian yang bengkak menggunakan es batu yang dibalut dengan kain lembut. Hindari menempelkan es batu pada kulit secara langsung pasalnya bisa mengakibatkan iritasi pada kulit.*

Kategori :