Begini Bacaan Sholawat Busyro Lengkap dengan Artinya Demi Kelapangan Hidup

Kamis 01-02-2024,02:49 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling dianjurkan bagi umat muslim. Sholawat merupakan doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas kedudukan beliau sebagai utusan Allah SWT.

Jika rutin membaca sholawat, kita bisa memperoleh banyak keutamaan, diantaranya seperti memperoleh syafaat, rahmat, hingga ampunan dari Allah SWT.

Salah satu sholawat yang terkenal di kalangan umat muslim yaitu sholawat busyro. Sholawat ini mempunyai nama lengkap sholawat busyro lana nilnal muna, yang maknanya kabar gembira untuk kami, kami sudah mendapatkan keinginan.

BACA JUGA:Banyak Ulama Wafat di Hari Selasa, Termasuk Mbah Moen, Apa Sih Istimewanya Hari Selasa?

Sholawat ini disebut-sebut mempunyai khasiat yang dahsyat, diantaranya seperti melancarkan rezeki, menghilangkan kesulitan, hingga mengabulkan hajat.

Sholawat busyro disebut-sebut diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun, yakni Habib Segaf bin Hasan Baharun, dari mimpinya.

Melalui mimpi tersebut, Rasulullah SAW membacakan sholawat busyro kepada Habib Segaf serta menyuruhnya untuk menyebarkannya kepada umat muslim. Rasulullah SAW juga mengungkapkan bahwa sholawat ini disarankan untuk dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai menunaikan shalat subuh.

BACA JUGA:Jadwal Liburan Berubah dan Ingin Reschedule Tiket Kereta? Begini Caranya

Berikut ini merupakan bacaan sholawat busyro lengkap dengan artinya:

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina Min yaumina hadza ila yaumil akhirah. 

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan atas baginda kami, Nabi Muhammad sebagai pembawa kabar gembira dengan berkah shalawat yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru-guru kami dan orang yang senantiasa mengajarkan ilmunya kepada kami. Juga kepada murid-murid kami sejak hari ini hingga hari kiamat kelak.*

Kategori :