Tak Perlu Obat, Ini 5 Minuman untuk Atasi Sembelit

Minggu 21-01-2024,19:55 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Tinja yang tidak cepat dikeluarkan, nantinya akan menjadi lebih keras. Salah satu penyebabnya yang akan terjadi yaitu merasakan ambeien atau wasir.

Biasanya, orang yang sulit BAB ini disebabkan lantaran beberapa hal, salah satunya yaitu kurangnya asupan serat dan cairan.

Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu bisa menambah asupan makanan yang mengandung serat serta memperbanyak minum setiap hari. Berikut ini merupakan beberapa minuman yang bisa kamu coba konsumsi untuk memperlancar proses BAB:

BACA JUGA:5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

1. Air Putih

Minuman pelancar BAB yang paling penting dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu air putih. Minum air putih ini sebenarnya harus dilakukan supaya kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik, minimal 8 gelas atau 1,5 hingga 2 liter dalam sehari.

Jika kebutuhan cairan terpenuhi, tubuh kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan gangguan pencernaan juga jarang terjadi.

2. Jus Apel

Bukan cuma air putih, kamu juga bisa minum jus apel saat mengalami sembelit atau sulit BAB. Hal ini lantaran buah apel mengandung pektin, yang merupakan salah satu jenis serat larut yang memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu bisa membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga gampang untuk dikeluarkan.

3. Jus Buah Pir

Bukan cuma apel saja, namun jus buah pir juga bisa menjadi minuman mempelancar BAB yang bisa kamu manfaatkan. Sama dengam apel, buah pir ini juga mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, buah pir memiliki kandungan fruktosa dan sorbitol yang efeknya mampu memperlancar proses BAB.

BACA JUGA:Jika di Olah dengan Benar, Gas dari Septic Tank Ternyata Bisa Dibuat Masak, Begini Caranya

4. Kopi

Biasanya, kopi digunakan sebagai minuman untuk menahan rasa kantuk supaya bisa bekerja lebih lama. Tetapi, secangkir kopi juga mampu meningkatkan pergerakan usus dan memberikan efek ingin BAB.

Minuman kopi mempunyai kandungan senyawa yang bisa meningkatkan hormon gastrin dan cholecystokinin yang akan merangsang kontraksi usus. Walaupun demikian, minuman kopi ini kurang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki masalah lambung, contohnya seperti asam lambung, maag, tukak lambung, dan lainnya.

Kategori :