Urutan Negara Paling Aman se-Dunia, Ada Islandia Hingga Austria

Rabu 17-01-2024,20:10 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Setiap negara pasti mempunyai sistem dan pasukan yang bertugas untuk menjaga keamanan agar negaranya selalu damai sentosa.

Berdasarkan laporan Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global tahun 2020 yang menganalisa 163 negara serta mengurutkannya dari negara yang paling aman ke yang paling berbahaya dengan 23 indikator berbeda.

Mulai dari jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal, tingkat ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, potensi aksi teroris, jumlah pembunuhan, sampai pengeluaran militer. Indikator-indikator tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kategori besar, yakni konflik internasional yang tengah berlangsung, keselamatan dan keamanan masyarakat, dan militerisasi yang dijumlahkan ke dalam bentuk skor. Lebih rendah skornya, makin aman negaranya.

BACA JUGA:Listrik Masuk Desa, Tiga Lokasi Ini Menjadi Usulan Priotas PLN Arga Makmur 2024

Meskipun begitu, bukan berarti negara-negara ini bebas kriminal 100 persen. Mau di negara mana pun, pencurian terhadap turis atau wisatawan masih rawan terjadi dan wajib diwaspadai.

Berikut ini Deretan Negara Paling Aman se-dunia :

1. Islandia 

Selama 14 tahun berturut-turut, Islandia menduduki posisi pertama. Negara ini mempunyao tingkat kejahatan yang paling rendah yang disebabkan oleh standar hidup mereja yang tinggi, jumlah penduduknya yang kecil, antisipasi yang kuat terhadap kejahatan, tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kepolisian (bahkan polisi disana tidak membawa senjata api), serta kurangnya ketegangan antar masyarakat menurut kelas ekonomi.

2. Selandia Baru 

Selandia Baru mempunyai tingkat kejahatan yang sangat rendah serta kejahatan dengan kekerasan yang sangat jarang terjadi. 

Masyarakat Selandia Baru biasanya berpikiran terbuka dan memiliki undang-undang yang berlaku untuk mencegah pelanggaran terhadap kebebasan berbicara atau berekspresi kepada siapa pun. Contohnya seperti di Islandia, polisi di Selandia Baru tidak membawa senjata api saat bertugas.

BACA JUGA:7 Hewan Mitos Paling Populer di Dunia, Nomor 3 Diyakini Benar-benar Ada

3. Irlandia

Irlandia beranjak dari peringkat 11 ke peringkat 3 pada tahun 2022. Tingkat kejahatan cukup rendah di beberapa wilayah perkotaan serta ancaman terorisme-nya sangat kecil. Faktanya, resiko keselamatan penduduk Irlandia asal ha dari alam mereka sendiri, contohnya seperti tebing-tebing yang bisa saja menimbulkan longsor serta jalanan pedesaan yang berkelok-kelok khususnya saat hujan besar.

4. Denmark

Kategori :