9 Negara yang memiliki Senjata Nuklir di Dunia, Rusia Paling Banyak?

Minggu 22-10-2023,21:32 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Rusia dan Amerika Serikat (AS) bukanlah satu-satunya negara yang memiliki senjata nuklir, tetapi bila ditotal terdapat 9 negara yang memiliki senjata nuklir di dunia.

Senjata nuklir adalah salah satu senjata yang paling mematikan di dunia. Hal ini menyebabkan adanya pengurangan senjata nuklir global secara signifikan sejak Perang Dingin.

Di Asia sendiri terdapat 5 negara yang memiliki senjata nuklir, diantaranya Korea Utara dengan 40-50 senjata nuklir, Israel 90 senjata nuklir, India 156 senjata nuklir, Pakistan sebanyak 165 dan China adalah negara yang memiliki senjata nuklir paling banyak se-Asia yaitu sebesar 350 senjata nuklir, dan terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

BACA JUGA:Astaga Rata-rata IQ Orang Indonesia Paling Rendah Se-Asia Tenggara

Sedangkan di Eropa terdapat tiga negara yang memiliki senjata nuklir, diantaranya ada Inggris sebanyak 225 senjata nuklir, Prancis 290 senjata nuklir, dan Rusia dengan 6250 senjata nuklir, serta Amerika Serikat memiliki 5550 senjata nuklir.

Berdasarkan ICAN, satu hulu ledak nuklir bisa membunuh ratusan ribu orang, dengan konsekuensi kemanusiaan dan lingkungan yang bertahan lama serta menghancurkan.

Selain itu, meledakkan hanya 1 senjata nuklir di New York bisa menyebabkan sekitar 583.160 kematian.

BACA JUGA:Ini Doa yang Sering Dibaca Nabi Yusuf Agar Memiliki Wajah yang Glowing

Jika digabungkan 9 negara ini maka diperkirakan mempunyai 12.500 senjata nuklir, sebagian besar jauh lebih kuat dibandinh senjata nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima.

Walaupun demikian, jumlah pasti senjata nuklir yang dipunya oleh masing-masing negara adalah rahasia nasional. Hal ini yanh menyebabkan perkiraan senjata nuklir akan disajikan di sini datang dengan ketidakpastian yang signifikan.*

Kategori :