Perusahaan Terkaya Sepanjang Sejarah Ternyata Ada di Indonesia, Pernah Hasilkan Uang Hingga Rp112 Kuadraliun

Minggu 24-09-2023,18:09 WIB
Reporter : Rendi Bintara Yudha
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Apakah kamu tau apa perushaan terkaya di Dunia sepanjang sejarah, pastinya jika mendengar pertanyaan tersebut kamu akan langsung berfikir bahwa perusahan tersebut adalah Apple, akan tetapi perusahaan terkaya sepanjang sejarah ternyata ada di Indonesia, Kok bisa? Berikut penjelasannya.

Bahkan jika perushaan perusahaan besar di dunia seperti apple, Facebook dan Microsoft digabungkan belum bisa menyamai kekayaan dari perusahaan asal Indonesia ini.

Namun, perusahaan asal Indonesia ini harus bangkrut ataupun gulung tikar karana korupsi yang terjadi dan pelakunya tidak lain adalah para karyawannya.

Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya dengan rempah - rempah dan memiliki lokasi yang strategis untuk jalur perdagangan dunia.

BACA JUGA:Kisah Pilu Dibalik Slogan Penuh Harap, Banyak Anak Banyak Rezeki, Awal Mula Lahirnya Tanam Paksa

Hal ini pula yang membuat para bangsa kolonial sangat tertarik untuk mengusai Indonesia, baik itu Inggris, Portugis, Perancis ataupun Belanda.

Untuk mencapai tujuan tersebut akhirnya banyak negara mendirikan kongsi dagangnya masing-masing. Belanda membentuk kongsi yang sangat terkenal hingga sekarang yakni VOC. 

Didirikannya VOC sendiri adalah untuk bersaing dengan East Indian Company yang merupakan Kongsi dagang milik negara ingris.

Setelah terbentuk pada tahun 20 maret 1602 , VOC memiliki hak dagang yang sangat luas, mulai dari Amerika, afrika, Jepang hingga ke Hindia Timur.dan mendirikan Kantor pusatnya di Batavia atau yang lebih dikenal sekarang dengan nama Kota jakarta.

BACA JUGA:Legenda Dibalik Kisah Gunung Kelud, Dilandasi Pengkhianatan Cinta Dewi Kilisuci dengan Lembu Suro

Keberadan VOc ini kemudian semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.apalagi pada saat itu banyak sekali aturan yang menguntungkan bagi VOC. 

Saking besar untunya, kala itu VOC pernah menghasilkan uang sebesar 78 juta golden belenada atau lebih dari 7.9 triliun dolar.

Jika dikalkulasikan menajdi rupiah kekayan VOC Saat itu berjumlah 112 kuadriliun. 

Dengan angka yang sangat besar tersebut maka menempatkan VOC sebagai perusahaan terbesar dalam sejarah di dunia karena mampu menghasilkan uang yang sangat banyak.

Akan tetapi karana diterpa banyak sekali badai masalah VOC akhirnya dibubarkan pada 31 Desember 1799.*

Kategori :