3 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Ini Waktu Terbaik untuk Membacanya

Sabtu 23-09-2023,03:39 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Ada beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat yang bisa didapat oleh umat Islam. Amalan ini juga termasuk salah satu sunnah yang disarankan oleh Rasulullah SAW.

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dinilai memiloki banyak kebaikan, baik untuk urusan di dunia ataupun sebagai bekal di akhirat nanti. Di tambah lagi, hari Jumat merupakan sebaik-baik hari dalam satu pekan.

Dalam hadits yang diambil dari kitab Fiqih Sunnah 2 oleh Sayyid Sabiq, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW pun bersabda:

"Hari terbaik (selagi matahari masih terbit) adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat."

BACA JUGA:Kejutaan untuk Shio Kuda dan Shio Monyet, Bersiap Banjir Cuan di Minggu Ini, Ternyata Ada 3 Shio Lainnya Juga

Itu sebabnya, umat Islam bisa menambah amalan di hari Jumat dengan membaca surat Al Kahfi seperti yang disunnahkan Rasulullah SAW. Lalu, apa saja keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat? Ini dia penjelasan selengkapnya.

1. Mendapatkan Ampunan Dosa

Keutamaan bagi umat muslim yang membaca surat Al Kahfi pada hari jumat salah satunya akan memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT di antara dua Jumat. Bahkan, Allah SWT juga akan membentangkan dan memancarkan cahaya untuknya mulai dari dari telapak kaki hingga langit pada hari kiamat kelak.

Dalam sebuah hadits yang diambil dari buku Ensiklopedia Hadits Ibadah Membaca Al-Qur'an karya Syamsul Rijal Hamid, Rasulullah SAW pun bersabda:

"Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antara dua Jumat." (HR Ibnu Mardawaih, dari Ibnu Umar RA).

BACA JUGA:Bak Dipayungi Dewa Rezeki, 5 Shio Ini Bernasib Baik di Akhir September, Dapat Promosi Jabatan, Cuan Berlimpah

2. Mendapat Perlindungan dari Fitnah Dajjal

Membaca surat Al Kahfi, minimal 10 ayat di awal surat, bisa menjadi pelindung diri dari fitnah dajjal nanti. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadits yang dikutip dari buku 200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat karya Abdilah F. Hasan. Diriwayatkan dari Abu Darda' RA, Rasulullah SAW pun bersabda:

"Barang siapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal." (HR Muslim).

Menurut Imam Nawawi, di awal surat Al Kahfi ada keajaiban-keajaiban dan pertanda kebesaran Allah SWT. Maka dari itu, orang yang merenungkannya tak akan mudah tertipu oleh fitnah Dajjal.

Kategori :