Tidak Seperti Dalam Lagu, Sakit Gigi Lebih Berbahaya dari Pada Sakit Hati, Karena Bisa Memicu Kanker Mulut

Jumat 11-08-2023,12:09 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Diantara penyakit mulut yang paling ganas adalah kanker mulut, penyakit ini dapat menyerang pada bagian gusi, bibir, langit-langit, dinding mulut dasar mulut ataupun bagian bawah lidah.

Menurut Dr drg Febrina Rahmayanti, SpPM, SubSp. Inf (K), seorang spesialis penyakit mulut menyebut, penyebab faktor risiko munculnya kanker mulut berawal dari sakit gigi ataupun gigi yang berlubang yang telah diabaikan ataupun tidak segera dirawat.

Sebab gigi berlubang biasanya memiliki bagian-bagian tajam pada gigi yang dapat mengiritasi bagian dalam rongga mulut. Seperti pipi bagian dalam lidah dan lainnya, iritasi iritasi tersebut akan secara langsung dan terus-menerus dapat menyebabkan perubahan pada sel epitel dan menyebabkan kanker mulut.

BACA JUGA:Gila, Motor Canggih Yamaha Ini Hanya Dijual Rp15 Jutaan

Meskipun ada kemungkinan seperti itu, bukan berarti setiap sakit gigi atau gigi berlubang menjadi satu-satunya faktor penyebab kanker mulut. drg Febrina menjelaskan bahwasanya masih banyak faktor lain yang menyebabkan risiko kanker mulut.

Adapun faktor-faktor tersebut antara lain, faktor genetik, Kebiasaan buruk, konsumsi alkohol, jarang sikat gigi sampai pola hidup yang tidak sehat. Perubahan sel normal menjadi sel kanker dapat terjadi sangat cepat di dalam mulut.

Jadi semisal seseorang luka seperti sariawan akibat gigi berlubang dengan bagian tepi gigi yang tajam, tergigit, ataupun oleh hal lainnya. Dan dilanjutkan dengan kondisi infeksi bakteri atau jamur dalam mulut karena jarang menyikat gigi, maka hal ini dapat berperan dalam penyakit mulut yang terjadi seperti kanker mulut.*

Kategori :