Tradisi Malam 1 Suro Di Jawa Timur, Ada Ritual Malam Gunung Lawu, Hingga Ritual Memandikan Keris Pusaka

Minggu 16-07-2023,15:08 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Alasannya tak lain adalah pelestarian tradisi budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Ritual ini membutuhkan beberapa persembahan atau sesajen. Mulai dari kopi, telor ayam kampung, pisang, kemenyan, kelapa hingga bunga melati. 

 

4. Ledug Suro Magetan

Ledug Suro merupakan tradisi turun temurun di Magetan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan Rahmat Nya sehingga bertemu kembali dengan malam 1 Suro. Tradisi ini diselenggarakan dengan berbagai kegiatan.

Lomba lesung bedhug biasa diselenggarakan di Ledug Suro ini. Ada juga kue bolu yang dijadikan bahan rebutan antar warga yang sangat antusias menanti malam 1 Suro ini.

BACA JUGA:Pantang Bagi Masyarakat Jawa Menggelar Acara Pernikahan Bulan Suro, Ternyata Ini Alasannya

5. Grebeg Suro Ponorogo

Grebeg Suro adalah sebuah agenda tahunan yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman nenek moyang di Ponorogo. Ada banyak kegiatan dan ritual di Grebek Suro tersebut.

Misalnya pertunjukan Reog, pertunjukan benda pusaka, bedhol pusaka serta ziarah makam. Pada malam Satu Suri juga dilakukan ritual penyucian benda pusaka atau Jamasan. 

 

6. Ruwat Agung Nuswantoro di Mojokerto

Pemerintah Kabupaten Mojokerto memiliki 97 koleksi keris, lembing, dan pedang pusaka warisan leluhur yang diperkirakan berusia ratusan tahun. Puluhan benda adat tersebut disucikan dengan air dari tujuh petirtaan di Bumi Majapahit ini pada setiap malam satu suro.

Jamas 97 benda Pusaka warisan nenek moyang tersebut merupakan bagian dari Ruwat Agung Nuswantoro yang menjadi agenda Pemkab Mojokerto setiap malam 1 Sura. Belati, tombak, dan pedang yang sudah selesai dijamas dikirab. Senjata tradisional tersebut kemudian diberikan kepada pemerintah termasuk Forkopimda.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Bocorkan Satu Amalan Dzikir Anti Miskin, Rezeki Dijamin Mengucur Deras

7. Jamasan Keris Di Gresik

Jamasan Keris atau Jamasan Pusaka merupakan tradisi pada malam Suro pertama di berbagai daerah tak terkecuali di Gresik.

Kategori :