Buat Pemula, Ini Cara Perpanjangan SIM yang Resmi, Berikut Syaratnya

Rabu 07-06-2023,12:19 WIB
Reporter : Septi Maimuna
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Salah satu syarat untuk boleh mengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat, yakni wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Dan SIM ini sendiri wajib untuk untuk yang suda berusia 17 tahun keatas atau sudah memiliki KTP sendiri.

Proses pembuatan SIM juga tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan dalam satu hari di Kantor Polisi terdekat, dengan catatan calon pemilik SIM telah dinyatakan lulus tes tertulis dan tes praktek di lapangan. Selain itu, pemilik SIM juga tetap wajib mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu jaga ketertiban dalam berkendara.

Namun disini kita akan membahas mengenai cara perpanjangan SIM yang resmi dan no calo-calo seperti yang selama ini banyak ditemui, lantaran ingin cepat selesai dan malas repot mengurus perpanjangan SIM.

Terlebih dahulu kamu harus mengecek masa berlaku di SIM kamu, karena perpanjangan SIM hanya dapat dilakukan jika SIM Anda sudah mendekati masa berakhir, atau telah habis masa berlakunya.

BACA JUGA:Inilah Doa Nabi Sulaiman yang Harus Rutin Diamalkan, Doa Pendek Penarik Rezeki

BACA JUGA:Kamu harus Tahu, Ternyata Me Time Bisa Bikin Hubungan Langgeng

Selanjutnya kamu harus menyiapkan beberapa dokumen yang memang diperlukan yakni.

  • SIM asli yang akan diperpanjang
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat keterangan pengambilan sanksi pelanggaran lalu lintas (jika ada)

Datangi kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terdekat. Anda dapat memilih datang ke kantor Satlantas di wilayah tempat tinggal Anda atau di wilayah tempat Anda mengurus 

perpanjangan SIM, serahkan dokumen-dokumen yang diperlukan kepada petugas Satlantas. Petugas akan memeriksa dan memproses perpanjangan SIM Anda. Setelah dokumen Anda diterima, Anda akan diminta untuk mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi.

BACA JUGA:Tak Perlu Pakai Calo, Ini Cara Membuat SIM Jalur Resmi

BACA JUGA:Mengapa Higgs Domino Island Dihapus dari Playstore? Pecinta Game Ini Harap Bersabar

Jika Anda lulus tes kesehatan dan tes psikologi, Anda akan diberikan tanda terima dan harus membayar biaya perpanjangan SIM. Setelah Anda membayar biaya perpanjangan SIM, SIM baru Anda akan segera diproses dan Anda akan mendapat pemberitahuan untuk mengambil SIM baru Anda.

Perlu diingat bahwa biaya perpanjangan SIM dapat bervariasi tergantung dari jenis SIM yang Anda miliki. Selain itu, proses perpanjangan SIM dapat berbeda-beda tergantung dari aturan dan prosedur yang berlaku di daerah Anda.

Pastikan Anda memeriksa informasi terbaru tentang persyaratan perpanjangan SIM di daerah Anda sebelum mengajukan perpanjangan SIM.*

Kategori :