Susul Taiwan, Kini Giliran Malaysia Ikut Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial

Kamis 27-04-2023,18:39 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi

RADARUTARA.ID - Malaysia resmi menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran setelah Taiwan menemukan zat pemicu kanker di bumbu mi produksi Indonesia tersebut.

Menteri Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan, mengonfirmasi kementeriannya menarik Indomie Rasa Ayam Spesial yang diimpor dari Indonesia.

"Kementerian sudah mengeluarkan perintah Tahan, Tes, dan Lepaskan produk itu di semua titik masuk. Kami juga sudah memerintahkan perusahaan untuk secara sukarela menarik produk itu dari pasar," ujar Radzi.

BACA JUGA:Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker di Indomie Rasa Ayam Spesial, Bos Indofood Buka Suara

Radzi mengumumkan keputusan ini setelah Kementerian Kesehatan Taiwan mengumumkan temuan zat pemicu kanker atau karsinogenik diIndomie Rasa Ayam Spesial.

 

Tak hanya itu, Kemenkes Taiwan juga menemukan zat serupa di mi instan produksi Malaysia, Mi Kari Putih Ah Lai.

 

Taiwan News melaporkan keduanya disebut mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

 

Berdasarkan hasil pengujian, etilen oksida itu terdeteksi baik pada mi maupun bumbu dari produk Malaysia. Untuk produk mi Indonesia, etilen oksida hanya ditemukan di paket bumbu.

 

Radzi menegaskan bahwa produsen Mi Kari Putih Ah Lai sebenarnya sudah memenuhi standar kesehatan lokal, tapi ia tetap meminta penarikan produk itu demi keamanan.

 

"Kementerian Kesehatan memerintahkan pabrik untuk menarik secara sukarela mi instan yang kedaluwarsa pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal," ucap Radzi.

Kategori :