Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Sepeda Listrik

Senin 03-04-2023,10:30 WIB
Reporter : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Selain menawarkan beragam kemudahan, baik dalam proses pembelian maupun pemeliharaan. Faktanya kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli sepeda listrik dan menggunakannya sebagai alat transportasi di rumah kamu.

Karena jika sampai asal beli saja, dikhawatirkan akan membuat kamu kecewa karena tidak sesuai dengan ekspetasi yang selama ini kamu inginkan.

Berikut RadarUtara.Id berhasil merangkum 4 hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sepeda listrik.

 

1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Seperti barang lain, sebelum membeli sepeda listrik, Anda harus mempertimbangkan secara matang dan tak sekadar ikut-ikutan tren atau fear of missing out (FOMO). 

Pilih sepeda listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasinya. Misalnya bila digunakan untuk berbelanja, Anda bisa memilih sepeda listrik yang dilengkapi keranjang, ataupun pilihan feature lainnya.

Jika digunakan untuk berolahraga ringan dan berkomuter, Anda bisa memilih e-bike yang menyerupai sepeda konvensional, sehingga bisa berfungsi dengan maksimal.

BACA JUGA:Berikut Cara Mudah Bawa Pulang Sepede Listrik Impian

2. Ketahui jenis dan kualitas baterai  

Setelah mengetahui jenis sepeda listrik, hal berikutnya yang patut diperhatikan adalah jenis dan kualitas baterai yang disematkan pada e-bike. Adapun baterai merupakan salah satu komponen krusial sebagai motor atau penggerak sepeda listrik. 

Oleh karena itu, pastikan jenis dan kualitas baterai sepeda listrik agar tak salah beli. Jika diabaikan, sepeda listrik yang sudah terlanjur dibeli tak dapat dioperasikan secara optimal dan tidak bertahan lama. 

Ada beberapa jenis baterai dengan kualitas baik yang jamak digunakan pada sepeda listrik, di antaranya adalah NIHM, LiION, LifePO4, LIPO, dan Li2TiO3. 

Selain jenis baterai, sesuaikan pula kapasitas baterai listrik dengan keperluan dalam menggunakan sepeda. Jika digunakan untuk bepergian jauh, pilih sepeda listrik dengan kapasitas baterai listrik dengan kapasitas yang besar dan juga sebaliknya. 

Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya langsung pada pramuniaga di gerai sepeda listrik atau membaca rincian spesifikasi secara detail pada laman resmi pihak produsen. 

Kategori :