Selain Mantan Kades, Sederet Artis Tanah Air Ini Pernah Nikah Siri

Jumat 06-01-2023,13:27 WIB
Reporter : Reka Desrina

RADARUTARA.ID - Pengakuan pernikahan siri antara IS, mantan Kepala Desa Air Putih dan IK, seorang perempuan yang baru saja melangsungkan akad nikah dengan FY, membuat publik geleng kepala.

Apalagi, IS kemudian nekat membawa lari pengantin wanita yang baru saja menggelar resepsi pernikahan.

Mengejutkannya, hal ini dilakukan usai resepsi di rumah FY, pengantin laki-laki.

Ditambah, pengakuan kehamilan IK yang saat ini memasuki usia 2 bulan, memperpanjang daftar keheranan.

Pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pernikahan yang telah memenuhi syarat dan rukun serta dilakukan berdasarkan ketentuan agama maka hukum pernikahan tersebuh menjadi sah. 

Namun, hukum di Indonesia mengatur jika pernikahan itu harus dicatatkan ke pejabat yang berwenang sebagaimana yang tertuang dalam Undang Undang No 1 Tahun 1974 "Tiap-tiap pernikahan harus dicatat dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku". 

Selanjutnya yang tertuang dalam Kompilasi Hukum Islam "Agar terjamin ketertiban bagi masyarakat Islam maka setiap perkawinan harus dicatat".

Di Indonesia pula populer dengan istilah menikah siri atau secara agama. Pernikahan ini tidak tercatat secara hukum dan tidak dicatatkan ke pejabat berwenang. Meski secara agama pernikahan ini sah, jika memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Namun, akan berdampak pada status hukum pasangan yang melangsungkan pernikahan siri dan anak keturunannya.

Ada beberapa selebriti Indonesia yang memutuskan untuk menikah secara siri, terlepas dari apapun alasannya. Siapa sajakah itu?

1. Rizky Billar dan Lesti Kejora

Pasangan yang menikah pada tanggal 21 September 2021 ini secara terbuka mnegaku telah menikah secara siri di awal tahun 2021.

2. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

Pasangan musisi yang menikah pada tahun 2009 ini diketahui telah terlebih dulu resmi menikah secara siri pada tahun 2006. Ia menikah dengan Mula sebelum resmi bercerai dengan Maia Estianty walaupun telah bercerai secara agama. 

3. Edwin Aprihandono dan Rachel Maryam

Kategori :