Ini Keistimewaan Membaca Surah al Mulk Sebelum Tidur

Rabu 21-12-2022,21:16 WIB
Reporter : Reka Desrina
Editor : Reka Desrina

RADARUTARA.ID - Surah al Mulk merupakan pembuka juz 29 dalam al-Qur'an, termasuk surat Makkiyah yang diturunkan di kota Makkah dengan jumlah ayat sebanyak 30 ayat. Arti surah al Mulk adalah Kerajaan. Surah al Mulk merupakan salah satu dari empat surah dalam al Qur'an yang dianjurkan untuk dibaca dan dihafal yaitu surah Yaasin, al Waqi'ah, ar Rahman dan al Mulk. 

Bukan menjadi hal yang asing lagi bagi seorang muslim untuk membaca surah al Mulk pada malam hari setelah setelah shalat Isya sebelum tidur karena memang surah ini memiliki keistimewaan diantaranya jadi penyelamat siksa kubur dan sebagai pembela bagi pembacanya hingga masuk syurga. 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Ada satu surah yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam syurga, yaitu Tabarakal ladzi Biyadihil Mulku."

Disebutkan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir: Rasulullah Saw belum beranjak tidur sebelum membaca surah al Mulk.

Berikut beberapa keistimewaan membaca surah al Mulk sebelum tidur:

1. Penyelamat Siksa Kubur dan Syafaat di Alam Kubur

Dalam satu riwayat disebutkan, Surah al Mulk ini mati-matian membela bagi orang yang membaca tidak harus menghafalnya. Akan tetapi Rasulullah Saw sangat senang jika surah al Mulk ini dihafal oleh umatnya.

2. Diajuhkan dari Api Neraka

Pada hari kiamat surat ini akan datang dan menyampaikan siapa saja yang menghafalnya. Dan bagi orang yang menghafalnya akan dijauhkan dari siksa api Neraka dan akan masuk syurga yang penuh kebahagian.

3. Dapat 70 Kebaikan

Dari Jabir ra berkata bahwa Rasulullah belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarakal ladzi Biyadihil Mulku. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Turmudzi. Abu Laits As-Samarqandhi telah meriwayatkan dari Tawus bahwa kedua surah tersebut mengungguli semua surah dalam al Qur'an dengan tujuh puluh kebaikan. 

4. Diganjar Pahala yang Berlipat

Dengan rajin membaca surah al Mulk pada malam hari sebelum tidur, maka akan mendatangkan perbuatan baik dan pahala bagi pembacanya. Perbuatan baik itu akan Allah Swt lipatgandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat bagi siapapun yang Dia kehendaki. 

Sebagai seorang muslim hendaknya senantiasa membaca bahkan menghafal surah al Mulk agar mendapatkan beberapa keutamaan di atas untu kebaikan di dunia dan akhirat. *

Kategori :