Penemuan Golongan Darah Bombay

Senin 21-11-2022,10:05 WIB

RADARUTARA.ID - Mungkin pengetahuan kita tentang golongan darah adalah  golongan darah O, A, B, AB saja. Namun pada tahun 1962 ditemukan golongan darah langka yang disebut golongan Darah Bombay. Kenapa dinamai Golongan Darah Bombay, karena ketika pertama kali ditemukan banyak ditemukan pada orang-orang yang berbahasa Marathi yang tinggal di sekitar kota Bombay, yang rasionya 1: 13.000 orang  yang diperiksa. Untuk kasus dari seluruh dunia, ditemukan ada 30 kasus. Di Indonesia, golongan darah Bombay ini ditemukan pada tahun 1969. 

Dikutip dari Perpusnas RI yang memuat tentang artikel dari surat kabar langka, salah satu ciri khas dari golongan darah Bombay ini adalah serumnya ada semacam zat “anti H” yang sangat kuat, sedangkan selnya tidak memiliki zat H sama sekali. Berbeda dengan golongan darah “O” biasa di mana dalam serumnya terdapat anti-H yang sangat lemah sedangkan selnya mempunyai zat H yang cukup banyak. 

Jadi golongan darah biasa (A,B, AB atau O) bila ditransfusikan ke penderita dengan golongan “O” Bombay maka akan menimbulkan reaksi-reaksi yang dapat membahayakan penderitanya.

Pernah di awal tahun 1977 ada seorang bayi berusia sekitar 1 tahun ketika akan dioperasi, ketika dilakukan pemeriksaan darah O nya terhadap sel dan serum darahnya secara silang tidak ditemukan kecocokan. Di kemudian hari baru diketahui bayi tersebut memiliki golongan “Bombay Blood”. Ini berarti untuk pelaksanaan operasi tidak bisa ditransfusi dengan darah yang asal cocok dengan golongannya.

Untuk mengatasi hal ini maka direktur LPTD (Lembaga Pusat Transfusi Darah) PMI minta bantuan dari Palang Merah Bombay yang saat itu dikepalai oleh Dr Bathia (Seorang ahli hematologi terkenal di dunia) agar dikirimkan darah yang diperlukan untuk menolong pasien NK.

Setelah darah yang dimaksud tiba di Jakarta maka pelaksanaan operasi atas penderita cilik tersebut dapat dilakukan hingga jiwanya bisa diselamatkan. *

Artikel ini dimuat dalam Surat Kabar Sinar Harapan, 28-03-1977. Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI.

 

Kategori :