Jaur Bintunan-Urai Berpeluang Kembali Jalan Nasional

Rabu 15-06-2022,08:43 WIB

BENGKULU RU.ID - Ruas jalan Bintunan-Urai di Kabupaten Bengkulu Utara yang saat ini disebut-sebut tanpa status, kembali berpeluang menjadi jalan nasional. Ini disampaikan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu, M. Diantoro Murod. Menurutnya, penanganan ruas jalan itu, sejauh ini sudah diusulkan pihaknya.

"Sebenarnya ruas jalan Bintunan-Urai itu pernah kita usulkan untuk diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), kalau istilah kita dikenal dengan sebutan downgrade. Tapi karena pemda memiliki keterbatasan anggaran terutama dalam penanganan, akhirnya ruas jalan tersebut untuk sementara ini non status," ungkap Diantoro.

Namun, lanjut Diantoro, saat ini untuk ruas jalan Bintunan-Urai itu sudah diusulkan pihaknya untuk penanganan. Kabar terakhir juga sudah didisposisi Pak Dirjen di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

"Dengan demikian besar kemungkinan ruas jalan yang dimaksud, kembali kita tarik menjadi jalan nasional," katanya.

Sementara, sambung Diantoro, ketika ruas jalan Bintunan-Urai itu kembali menjadi jalan nasional, maka ruas jalan Batik Nau-Ketahun secara otomatis kembali diserahkan kepada pemda.

"Tapi yang jelas semuanya berproses, dan kemungkinan besar hal sedemikian bakal terjadi. Makanya kita lihat saja kedepan seperti apa," ujar Diantoro.

Disinggung soal anggaran untuk penanganan, Diantoro menyampaikan, kedepan ruas jalan Bintunan-Urai itu bakal ditangani pihaknya.

"Berkaitan dengan kebutuhan anggaran untuk penanganannya kita, baru bisa diketahui tahun depan. Mengingat waktu yang tersisa tahun ini tidak memungkin lagi untuk mengusulkan anggaran penanganan," singkatnya. (tux)

 

Tags :
Kategori :

Terkait