Mengenal Lebih Dekat Ecobrick yang Diklaim Jawaban Masalah Pencemaran Sampah Plastik

Mengenal Lebih Dekat Ecobrick yang Diklaim Jawaban Masalah Pencemaran Sampah Plastik

Mengenal Lebih Dekat Ecobrick yang Diklaim Jawaban Masalah Pencemaran Sampah Plastik--

RADARUTARA.ID - Tak bisa dipungkiri, sampah plastik saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dianggap serius dan memang memerlukan perhatian serius dari banyak pihak. Salah satu solusinya dengan ecobrick

Bahkan dari data yang ada sampah plastik menjadi urutan kedua setelah sisa makanan sebagai penyumbang sampah terbanyak di dunia. Keberadaan sampah plastik dianggap masalah serius karena sulit untuk diurai dan berpotensi besar menjadi penyebab pencemaran lingkungan, baik di darat, sungai maupun lautan sekalipun.

Sudah ada banyak contoh dari parahnya dampak dari sampah plastik bagi lingkungan dan walaupun sudah ada gerakan mengurangi plastik, gerakan membersihkan sampah dan upaya lainnya, namun nyatanya hal tersebut belum memberikan dampak yang terlalu signifikan.

BACA JUGA:Hoki Merajalela di Awal Bulan! Deretan Tanggal Lahir Ini Bakal Dikeroyok Rezeki Besar di Bulan Agustus 2023

Untuk itu diperlukan inovasi yang lebih canggih dan berdaya guna tinggi untuk penanganan sampah plastik. Dimana salah satu jawabannya adalah dengan merubah sampah plastik menjadi Ecobrick, yang berarti bata yang ramah lingkungan dan bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari batu bata.

Dimana tujuan dari Ecobrick ini sendiri bukan untuk menghancurkan plastik, namun malah memperpanjang usia plastik yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Karena nantinya Ecobrick bisa digunakan untuk meja, kursi sederhan, pagar, hiasan rumah dan bentuk lainnya yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan.

Jadi, tidak ada salahnya sedari kini mulai mengumpulkan sampah plastik dan nantinya bisa dibentuk menjadi Ecobrick yang tentunya memiliki sejuta manfaat bagi manusia.

BACA JUGA:Sebelum Membeli, Kenali Ini Ciri -Ciri Mesin Mobil yang Sudah Rusak Parah

Berikut cara lengkap membuat Ecobrick untuk dijadikan sebagai benda sederhana namun bermanfaat untuk kamu.

Alat dan bahan

Botol plastik bekas air minum, usahakan ukuran dan jenisnya seragam

Sampah plastik beragam jenis

Tongkat atau kayu maupun bambu seukuran mulut botol plastik

Gunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: